rima khumaira

rima khumaira
personal

Monday 8 October 2012

Sambal & Manfaatnya

Sambel sudah begitu kental dengan lidah orang Indonesia, Artinya mereka terbiasa memakan masakan pedas. Tidak ada rasanya makan tanpa di dampingi dengan sambal. Apapun jenisnya akan lebih nikmat jika disantap bersama si "sambal" ini.

Coba perhatikan, orang-orang yang memakan makanan di "fast food" seperti yang ada menu fried chicken nya, orang-orang lebih banyak mengambil sambal daripada pesan menu makanannya. dalam artian seperti makan sambal bukan makan ayamnya. ckckkckckckkckk..

Saya pribadi juga suka dengan sambal, apalagi makannya dengan nasi yang masih panas, ada lalap,tempe,ikan asin...zzzzzzzzzzzz, jadi tambah nafsu makan. Orang bilang sih, ibarat ada mertua lewat juga gak peduli. heeee..heeeeeee...

Dulu ketika pertama kali tiba di Hong Kong, belum begitu cocok dengan masakan cina karena masakannya hambar alias tidak ada rasa. Kalau masak bumbunya hanya bawang putih+garam, Tapi berkat sambal,selera makanpun tidak terganggu/bisa diatasi.
Lebih nikmat jika makannya dengan kawan, ibarat ada lawannya. Makanpun kian berselera. Awas yang baca jangan sampai ngiler ya :p

Ada macam jenis sambal, seperti sambal terasi, sambel goreng, sambal ijo, sambal kacang atau bahkan sambal mentah atau biasa disebut sambal goang. Semuanya menambah selera makan anda.

Supaya lebih menikmati makan sambal, kita intip manfaat apa yang terkandung dari bahan sambal itu sendiri. Contohnya cabai memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk. Bukan hanya vitamin C lho yang dimiliki oleh cabai, tapi juga vitamin A baik untuk kesehatan mata.
Mengandung antioksidan juga yang mampu menangkal berbagai radikal bebas dan juga terdapat sel anti kanker yang bermanfaat untuk mencegah  terserangnya penyakit kanker.

Bawang merah dapat menurunkan kolesterol,menghambat pengerasan pembuluh darah, meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. Bawang juga mampu memodifikasi gula darah dan membantu memerangi diabetes tipe 2 dan obesitas. Makan bawang merah bisa membuat gula darah dan berat badan tetap sehat.

Tomat, selain rasanya enak. Tomat juga berkhasiat membantu metabolisme tubuh, membersihkan usus dan perut. Selain itu, tomat juga mampu mengatasi masalah pencernaan dan susah buang air besar, meredakan nyeri pada penderita asam urat tinggi, membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker, membersihkan darah dan hati serta mencegah usus buntu. mari makaaaaaaaaaaaaaaaaaaan :)









8 comments:

  1. cocok jg jdi juragan sambel :), siipp deh infonya

    ReplyDelete
  2. hiiiiiiiiiiiiiiii:) hiiiiiiiiiiiiiiiiiiii:) biar disayang mertua :p

    ReplyDelete
  3. bikin saya sambel dunk.... hehehhehe

    ReplyDelete
  4. Hana, heeeeee..heeeeeeeeeee..masak-masak sendiri, makan-makan sendiri.. cuci baju sendiri, tidurpun sendiriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii :D

    ReplyDelete
  5. Unyung saya tak doyan pedes heheheheh
    jadi tidak ngiler degh ^_^

    ReplyDelete
  6. Diajeng, syukur deh jatah sambelmu buatku :P

    Joko, heeeee..heeeeeee..ayoo maem bareng :P

    ReplyDelete
  7. Bagi kamu pecinta film korea, kabar gembira sekarang anda bisa menonton di hp kapanpun dan dimanapun, tinggal download MYDRAKOR di GooglePlay gratis, MYDRAKOR menyajikan film drama korea terbaru. download sekarang juga MYDRAKOR

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete