rima khumaira

rima khumaira
personal

Wednesday 26 December 2012

Berbagi Kisah (MC)

Menjadi Pembawa Acara atau Master Of  Ceremony (MC) ada perasaan bahagia tersendiri, karena bisa berbagi, menjelaskan, memandu acara,menjadi jembatan antara pengisi acara dan audiens.

 Sejak SD sudah terbiasa tampil di atas pentas, awal manggung yaitu ketika SD kelas V ikut pementasan drama. kala itu temanya "Wajib Belajar 9 tahun" (Wajar) dimana kita mempresentasikan Wajar melalui drama. lalu ikut pementasan "Karawitan" nabuh gamelan. Ketika hari Pekan olahraga nasional (PON) pun ikut dalam lomba mengarang sampai tingkat kabupaten.

Ketika SLTP aktif di pramuka menjadi Dewan Kerja Penggalang (DKP), lanjut SMK menjadi Ketua Osis, aktif juga di Grup Pecinta Alam, kadang manggung baca puisi/tilawah di acara yang diadakan komplek perumahan.

Ketika lulus SMK dan bekerja, posisiku masih berkaitan dengan pelayanan publik. Menjadi kasir di salah satu resto dan berhadapan langsung dengan "customer". tidak sekadar melayani pembayaran, tapi juga harus bisa men-suggest menu andalan,menu promosi dll agar customer merasa puas dan kembali datang lagi.
Di sela-sela itu saya juga menjadi MC untuk acara ulang tahun baik indoor maupun outdoor.

Ketika awal bekerja di Hong Kong, penasaran dengan teman-teman BMI yang berkarya, berkreasi di berbagai bidang. Apalagi ketika pertama kali ikut kegiatan Dompet dhuafa dan melihat MC nya, dalam hati aku berkata "Suatu saat aku bisa seperti dia, suatu saat aku yang berada di posisi itu".


Setiap orang punya potensi, tinggal bagaimana kita menggali dan meraihnya. Sebab di dalam diri kita masing-masing terpendam "kekayaan" bakat yang perlu segera dikelola agar lebih bermanfaat.

Awal menjadi MC di Hong Kong yaitu ketika Seminar Kesehatan (Kanker Serviks) di Caritas Restaurant Wanchai sekitar tiga tahun lalu, pengajian Akbar Khoirun Nissa, acara Wisuda AVM HK Collage (IT), Peresmian Unimig, Pelatihan Sukses & Festival Seni Rakyat dan Training dahsyat One Minute awareness (OMA), Wisuda Siswi Migrant Institute angkatan 24 dan Talk Show "How to be Muslimah", Launching Star Nasheed & Duta Zakat.

Dari semuanya aku bersyukur, belum banyak yang dapat aku berikan mungkin juga banyak kesalahan atau kekurangan dari apa yang telah aku lakukan.

Kesalahan MC yang sering dilakukan menurut guru sekaligus Chieft Editorku di DDHK News, yaitu mengganjilkan salam, padahal tidak ada kaidahnya untuk itu, belum lagi mukadimah yang panjang lebar. Ingat MC itu adalah "star maker" dimana dia membuat bintang bagi si nara sumber. Jadi jangan merasa kita sebagai bintangnya."Ujarnya

Blocking atau membelakangi jamaah atau peserta. Seringkali saya melihat MC itu seperti tidak punya sopan santun dengan membelakangi peserta, padahal jika ia misalnya mau mengobrol atau menyambut instansi maupun narasumber yang hadir dan kebetulan duduk di samping panggung, seorang MC tidak perlu memutar badannya sampai membelakangi penonton. cukup dengan serong sedikit sebagai tanda penghormatan. Karena dengan blocking juga hasilnya tidak bagus apalagi di syuting.

Mari berjuang menentukan langkah hidup kita, membuat sejarah hidup kita, mencari bahagia dunia akherat. Dari sini kita bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi insya Allah.


1 comment:

  1. Bagi kamu pecinta film korea, kabar gembira sekarang anda bisa menonton di hp kapanpun dan dimanapun, tinggal download MYDRAKOR di GooglePlay gratis, MYDRAKOR menyajikan film drama korea terbaru. download sekarang juga MYDRAKOR

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete